Harianto Baharuddin

Pengembang program, BPPAUD dan Dikmas Sulbar...

Selengkapnya
Produk istri sendiri, bukan istri orang lain.

Produk istri sendiri, bukan istri orang lain.

Lima hari yang lalu (11/1/2019), saya diberikan daging durian oleh teman kantor, namun bukan durian mentah, tapi sudah diolah atau dimasak.

Keesokan harinya, istriku menyajikannya dengan cara digoreng dengan dilapisi tepung terigu. Sayapun menyicipinya dan memujinya "enak, lezat dan nikmat", terima kasih koki hebatku.

Mungkin karena pujianku, tiba-tiba muncul ide dari istriku, menjadikan daging durian tersebut menjadi produk olahan industri rumah tangga. Tahap pertama yang dia lakukan adalah ujicoba daya tahan produk layak konsumsi. Tahap kedua, desain kemasan dan penentuan merk dagang. Tahap ketiga, pendaftaran penyuluhan keamanan pangan untuk memperoleh P-IRT di Dinas Kesehatan.

Merk dagang yang dipilih yakni Dampo Durian, sebelumnya muncul opsi: Tempoya Durian dan Cryspi Durian. Dampo durian dipilih, karena lebih familiar, baik bagi masyarakat Mamuju maupun di luar Mamuju.

Keterampilan Dampo Durian merupakan salah satu jenis keterampilan Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) bagi masyarakat yang baru saja melek aksara, untuk menjaga kelestarian baca, tulis dan hitung.

Apakah keterampilan Dampo Durian bisa dimasukkan sebagai program kurus dan pelatihan atau PKW? Bisa Ya, bisa Tidak. Tergantung bentuk kompleksitas pengolahannya dan durasi waktu yang dibutuhkan untuk melatihkan kepada peserta didik, hingga mampu. Jika keterampilan Dampo Durian cukup 1 bulan atau 86 jam pelajajaran, termasuk muatan kewirausahaannya. Maka cocoknya program KUM saja. Artinya tidak perlu waktu 200 JP atau 2,5 bulan, sebagaimana durasi waktu, pelaksanaan program PKW.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Pasti enak... Kuenya kering atau basah, pak?

11 Jan
Balas

Tulisan yang bermanfaat...

12 Jan
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali